Halo Bloggers, kembali lagi nih bloggers, kali ini Saya akan memaparkan beberapa hal penting seputar Tugas Besar Literasi Digital nih, baiklah mari kita mulai.


1. Apakah kalian tau apa mata kuliah yang saya ambil? ya benar Pada saat ini, saya mengambil Mata Kuliah Literasi Digital dan sedang mengambil/mengerjakan Tugas Besar membuat website pribadi berbasis Blogspot. Jadwal kuliah Literasi Digital dilaksanakan pada pukul 13:00-13.50 WIB. Mata kuliah ini disajikan sebagai matakuliah wajib bagi mahasiswa tahun pertama di  Universitas Riau agar dapat menggunakan informasi secara digital dengan tepat dan  aman sesuai kaidah nilai, norma dan etika akademik. Matakuliah ini disajikan secara  daring dengan penilaian diberikan dosen jika kehadiran perkuliahan mahasiswa  minimal 80%. Mahasiswa dianggap berhasil jika telah mendapatkan nilai sekurang kurangnya B. Penilaian terdiri dari 40% tugas, 30% UTS dan 30% UAS. Bahan Kajian/Materi Pembelajaran nya adalah

1. Pengertian dan karakteristik literasi digital 

2. Edukasi penggunaan teknologi secara aman sesuai aturan perundangan ITE

3. Masalah umum dalam penggunaan Komputer 

4. Google Classroom, Google Meet & Zoom 

5. Searching engine Google dan Searching Academic Information (google scholar, Researchgate) 

6. Penggunaan PPT untuk Presentasi 

7. Pembuatan Blog dan Website 

8. UTS  

9. Etika dalam Komunikasi online dan Cek Kemiripan Teks (Similariry check)

10. Google App (Drive, Doc, Slide, Google form, Sheet) 

11. Mendeley

12. Kolaborasi Online 

13. Membuat konten video 

14. Editing Video 

15. Publish Video

16. UAS


2. Literasi Digital merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk memberikan kita wawasan, pemahaman, dan keahlian dalam bidang dunia digital, terutama dalam penggunaan teknologi seperti handphone, komputer atau laptop, media sosial yang berguna bagi khalayak umum masyarakat. Mata kuliah ini juga memberikan pengetahuan mengenai etika dan peraturan dalam dunia digital, terutama dalam menggunakan berbagai perambah dan alat untuk mengumpulkan dan mendistribusikan informasi. Selain itu, mata kuliah literasi digital juga memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk menggunakan dan mengaplikasikan peralatan digital dalam proses pembelajaran.

Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Literasi digital juga merupakan kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengkomunikasikan konten/informasi dengan kecakapan kognitifdan teknikal.

literasi Digital lebih cenderung pada hal hal yang terkait dengan keterampilan teknis dan berfokus pada aspek kognitif dan sosial emosional dalam dunia dan lingkungan digital.

Elemen esensial untuk mengembangkan literasi digital:

• Kultural, yaitu pemahaman ragam konteks pengguna dunia digital;

• Kognitif, yaitu daya pikir dalam menilai konten;

• Konstruktif, yaitu reka cipta sesuatu yang ahli dan aktual;

• Komunikatif, yaitu memahami kinerja jejaring dan komunikasi di

   dunia digital;

• Kepercayaan diri yang bertanggung jawab;

• Kreatif, melakukan hal baru dengan cara baru;

• Kritis dalam menyikapi konten; dan bertanggungjawab secara sosial

 

Prinsip dasar pengembangan literasi digital :

1.  Pemahaman untuk mengekstrak ide secara eksplisit dan implisit dari media

2.  Saling ketergantungan antara media yang satu dengan media yang lain

3.  Faktor sosial menentukan keberhasilan jangka panjang media yang membentuk ekosistem organik untuk mencari informasi, berbagi informasi, menyimpan informasi dan akhirnya membentuk ulang media itu sendiri

4.  Kurasi atau kemampuan untuk menilai sebuah informasi, menyimpannya agar dapat di akses kembali.

Kerangka literasi digital Indonesia:

1.  Proteksi (safeguard), yaitu perlunya kesadaran atas keselamatan dan kenyamanan pengguna internet, yaitu perlindungan data pribadi, keamanan daring serta privasi individu dengan layanan teknologi enkripsi sebagai salah satu solusi yang disediakan.

2.  Hak-hak (right), yaitu hak kebebasan berekspresi yang dilindungi, hak atas kekayaan intelektual, dan hak berserikat dan berkumpul

3.  Pemberdayaan (empowerment), yaitu pemberdayaan internet untuk menghasilkan karya produktif, jurnalisme warga, dan kewirausahaan serta hal -hal terkait etika informasi.

 

Sebenarnya literasi digital itu, menurut definisinya, tidak sekadar kemampuan mengoperasionalkan secara teknis perangkat digital, menguasai seperangkat alat digital, ataupun mahir dalam perangkat lunaknya. Akan tetapi, termasuk juga kompetensi yang berkaitan dengan keterampilan kognitif, emosional, dan sosial karena perangkat digital tidak hanya berisi aplikasi, tetapi pengguna juga berhadapan dengan informasi.

Karena itu, kemampuan memilah informasi dengan benar, mengkritisi, dan berkomunikasi baik langsung maupun melalui sosial media. Ada penjabaran dari literasi digital yang dibagi menjadi enam kemampuan.

 

1.   Pertama, photo visual literacy yang merujuk pada kemampuan memahami ilustrasi visual dalam perangkat digital. Ini lebih kepada kemampuan teknis. 

2.   Kedua, reproduction literacy yang artinya mengarah kepada kemampuan dia mereproduksi teks digital sendiri.

3.   Ketiga, branching literacy, yakni kemampuan kita bisa navigasi situs-situs web yang kompleks. Ini artinya pengguna perlu mengasah kemampuan navigasi agar fokus, tidak terdistraksi dan tersesat.

4.  Kemudian, keempat ialah information literacy yang menurut saya ini bagian yang paling penting. Itu karena literasi informasi ini mengandung pengertian bagaimana kita menetapkan kebutuhan informasi untuk diri sendiri dan bagaimana kita menemukan informasi yang kita butuhkan di internet. Lalu, setelah ditemukan, bagaimana kita bisa mengidentifikasi keakuratan informasi itu, lalu membandingkan antarinformasi. Ini yang disebut kritis terhadap informasi sehingga bisa membedakan mana yang hoaks dan mana yang tidak.

5.  Kelima ialah social-emotional literacy. Ini berkaitan dengan kesadaran kita melihat unsur tindakan berselancar di dunia maya yang membahayakan pribadi atau tidak. Terakhir, realtime thinking literacy. Ini berkaitan dengan kemampuan pengguna untuk bisa mengabaikan informasi-informasi dalam sebuah situs, dari iklan hingga tampilan pop-up lainnya. Kita sadar dengan berpikir realtime kita tujuannya apa. Semua ini, menurut saya, perlu dimiliki siswa mulai sekolah dasar hingga menengah ke atas. 


3. List Video references:

1. Digital Literacy – What is digital literacy? 


2. What is digital literacy? 


3. Digital Literacy – Staying safe online 


4. Penjelasan Lengkap Mengenai UU ITE - NET 24  


5. Kalian Harus Tau! 10 Masalah Umum Komputer dan Cara Mengatasinya 


6. Cara Membuat Hardisk Kembali Berlari Kencang (Desktop & Laptop) || 7 PERAWATAN WAJIB KOMPUTER 2021 


7. Digital Literacy – The virtual classroom  


8. How to use Google Meet  


9. Tutorial penggunaan Portal Akademik untuk Mahasiswa Baru Universitas Riau  


10. Digital Literacy – Searching for information online  


11. Google Scholar - Cara Mencari Referensi dan Sitasi Artikel, Buku, dan Jurnal by Aridhotul Haqiyah  


12. Tutorial : Cara Mudah Menghubungkan Researchgate dengan Google Scholar  


13. Digital Literacy – Online collaboration 


14. What is Mendeley?  


15. How to use Mendeley Desktop, Web Importer & MS Word Plugin (Full Tutorial)  


16. How to Design Effective Scientific Presentation || Dr. Dhika Prita Hapsari, SP, M.Si (2021)  


17. Plagiarism: Lesson One  


18. Digital literacy – Presentations V


19. Digital Literacy – Troubleshooting 


20. How to Make YouTube Videos on Your Phone START to FINISH!  


21. Google Forms Full Tutorial From Start To Finish - How To Use Google Forms  


22. Digital Literacy – Post-study  


23. 1/2. Langkah mudah Pengecekan Plagiat Karya Ilmiah dengan Turnitin (Instructor) | Oktober 2020 


24. 2/2. Langkah Mudah Pengecekan Plagiat Karya Ilmiah dengan Turnitin (Akun Student) | Okotober 2020 


25. Ragam Penyimpangan Karya Ilmiah di Indonesia oleh Dr. Lukman (Agustus 2020) || Dosen Wajib Tahu! 


26. 18/22. How to make an impactful online questionnaire for a research.  

27. Kiat-Kiat Menjadi seorang Youtuber Cerdas  


28. Create Custom Youtube URL refer to your name [Youtuber has to know!!!] New 2020 


29. Create Youtube video chapter [Youtuber must know!!!] Latest July 2020  


      30. Kiat-Kiat Menjadi seorang Youtuber Cerdas  

31. Belajar Bikin Video dari Nol 


32. 1/2. Video Editing dengan Kinemaster untuk tingkat pemula  


33. 2/2. Video Editing dengan Kinemaster untuk tingkat pemula  


34. Digital Literacy – Online collaboration 


35. 1/2. Intermediate G-Suites Workshop for Riau University Lecturer 2020 | Session 1  



36. 2/2. Workshop G-Suites Intermediate Dosen-Dosen Universitas Riau 2020 || Sesi 2  



37. Cara Membuat Slide Isi Presentasi PowerPoint yang Cantik Menawan  



38. Kolaborasi File Tugas dengan Guru / Dosen 


 

4. RPS Literasi Digital



 

5.  Untuk Buku Acuan Literasi Digital dapat kita cek dengan mengklik link ini.


Media Indonesia